3 Contoh Barang Konsumsi di Usaha Dagang Untuk Pemula


By on November 8, 2015
3 Contoh Barang Konsumsi di Usaha Dagang Untuk Pemula

Lagi cari usaha dagang untuk pemula ya? Kalau iya, saya kasih 3 contoh barang konsumsi yang bisa Anda gunakan untuk bisnis dagang Anda ya? Mau kan?

Soalnya ke-3 contoh barang konsumsi ini ada hubungannya dengan spesialisasi usaha dagang untuk pemula yang mau Anda bangun.

Setuju? Baiklah… saya informasikan kepada Anda 3 contoh barang konsumsi di usaha dagang untuk pemula. Barang konsumsi adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan. Jadi pembelinya adalah pembeli akhir atau end user, bukan pemakai industri.

Mengapa demikian? Karena barang-barang tersebut tidak diproses lagi. Bukan dipakai sendiri. Tetapi Anda jangan bilang, “Lho dok… kalau saya importir terus yang beli agen saya, berarti itu kan pembelinya industri, bukan pembeli akhir.”

Maksudnya bukan tipe bisnisnya, tetapi tujuan pemakaiannya. Walaupun Anda seorang distributor sukses barang-barang konsumsi misalnya, tetap aja pemakai barang-barang konsumsi Anda adalah end user kan? Masak iya ada yang beli sabun mandi terus diolah lagi menjadi bubuk susu? Nggak ada kan?

Nah, berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen, contoh barang konsumsi ini dikelompokkan menjadi 3 :

  1. Barang Konvenien
    Barang konvenien atau dalam bahasa Inggrisnya disebut convenience goods adalah barang yang mudah dipakai, membelinya dapat di sembarang tempat kecuali di tempat pembuangan sampah serta bisa dibeli di setiap waktu kecuali kalau tokonya tutup, ha..ha..ha.. Contoh barang konsumsi di usaha dagang untuk pemula ini adalah sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, deodorant dan sebagainya. Mungkin kalau jaman sekarang orang-orang mengenalnya dengan sebutan consumer goods.
  2. Barang Shopping
    Barang shopping atau shopping goods adalah barang yang apabila hendak dibeli, barang tersebut harus dicari-cari terlebih dahulu. Dan dalam membelinya-pun biasanya harus dipertimbangkan masak-masak, baik harga, mutu, kemasan dan lain-lain. Contoh barang konsumsi di usaha dagang untuk pemula kategori shopping goods adalah tekstil, perabotan rumah tangga, kulkas atau AC dan sebagainya. Secara umum, barang shopping ini lebih mahal daripada barang konvenien dan dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama saat melakukan perbandingan.
  3. Barang Spesial
    Barang spesial atau yang biasa dikenal specialty goods adalah barang yang mempunyai ciri khas dan hanya dapat dibeli di tempat-tempat tertentu saja. Pembeli yang ingin memperoleh barang ini harus mengeluarkan “pengorbanan” istimewa. Mereka juga harus melakukan “usaha-usaha” khusus untuk membeli di tempat tertentu tersebut. Ciri dari barang spesial ini adalah harga yang relatif mahal dan jarang dibeli. Contoh barang konsumsi kategori barang spesial adalah barang antik di toko seni tertentu, perhiasan di toko emas tertentu atau jaket beludru spesial di toko jaket tertentu.

Well, sebenarnya penggolongan contoh barang konsumsi tidak tahan lama dan tahan lama di bisnis dagang untuk pemula ini sangat relatif, bergantung dari pandangan si konsumen. Contohnya barang konsumsi mobil entry level semacam Agy* atau Ayl*.

Bagi pembeli kelas menengah, mobil tersebut termasuk barang shopping. Tetapi bagi konsumen kelas bawah, mobil tersebut bisa termasuk barang spesial, walaupun jenis mobil yang saya sebutkan di atas tadi termasuk mobil entry level kelas bawah. Paham kan?

So, bagi Anda yang ingin membangun usaha dagang untuk pemula, Anda harus memilih mana dari ke-3 contoh barang konsumsi di atas yang cocok buat Anda. Tetapi yang harus anda ketahui, ini bukan masalah besaran modalnya ya, tapi masalah jenisnya.

Kadang batu berharga bisa jadi termasuk barang spesial seperti batu permata. Tetapi bisa juga termasuk barang shopping karena ya Anda jual hanyalah batu akik dengan harga yang terjangkau. Jelas? “Jelas dok… Tapi saya mau nanya nih. Apakah penggolongan barang menurut tujuan pemakaiannya hanya barang konsumsi saja. Ataukah ada yang lain?”…

Well, penggolongan barang berdasarkan tujuan pemakaiannya tidak hanya barang konsumsi. Tetapi ada juga barang yang lain. Hanya saja, penjelasan selain contoh barang konsumsi di usaha dagang untuk pemula akan saya bahas pada kesempatan lainnya.

Wokeh, begitu saja dari saya. Thanks sudah baca artikelnya. Jika bermanfaat, mohon bantu share, jika kurang bermanfaat, ya tetap aja di share. Capek je nulisnya, wkwkwkwkkwkw…

(sumber gambar artikel usaha dagang yang menguntungkan, usaha dagang yang cepat menghasilkan uang, usaha dagang yang banyak untungnya : www.netayon.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *