5 Contoh Barang Industri Untuk Bisnis Dagang yang Menjanjikan


By on November 8, 2015
5 Contoh Barang Industri Untuk Bisnis Dagang yang Menjanjikan

Masih ada hubungannya dengan artikel 3 contoh barang konsumsi untuk bisnis dagang yang menjanjikan yang telah lalu, 5 contoh barang industri ini cocok jadi pilihan bagi bisnis dagang Anda.

Mengapa menjual barang industri merupakan bisnis dagang yang menjanjikan? Karena usaha dagang yang menjual produk-produk dari contoh barang industri ini biasanya sudah punya permintaan yang pasti.

Selain itu, permintaan yang umumnya dalam jumlah yang cukup besar menjadi daya tarik tersendiri bagi bidang bisnis dagang yang menjanjikan ini. Iya kan?

Sudah permintaanya stabil, sekali dapat orderan jumlahnya gede… Siapa yang nggak mau. Ngomong-ngomong, Anda tahu kan contoh barang produksi? Eh, maksud saya contoh barang industri. Belum tahu ya? Saya jelaskan…

Barang industri adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau barang-barang yang dibeli untuk kepentingan dalam industri. Permintaan barang industri ini diturunkan oleh permintaan barang lainnya. Contohnya nih, produk mobil.

Kemarin di artikel contoh barang konsumsi, kita sudah tahu bahwa mobil bisa termasuk barang shopping (shopping goods) atau barang spesial (specialty goods). Mobil, bahan utamanya adalah baja. Jadi produk baja adalah salah satu barang produksi yang bisa Anda jadikan sebagai lini produk bagi bisnis dagang yg menjanjikan milik Anda.

Lalu apa saja contoh barang industri ini? Kemudian bisnis dagang apa yang menjanjikan terkait dengan contoh barang industri tersebut? Ada 5… 

  1. Bahan Baku
    Bahan baku yang dimaksud di sini adalah bahan pokok untuk membuat barang lain. Misalnya kapas untuk membuat kain katun Jepang atau serbuk ban bekas untuk industri karet. 
  2. Komponen dan Barang Setengah Jadi
    Komponen dan barang setengah jadi merupakan barang-barang yang sudah masuk dalam proses produksi dan diperlukan untuk melengkapi produk akhir. Benang untuk membuat tekstil atau jual onderdil motor dan mobil bagi usaha bengkel motor dan mobil.
  3. Perlengkapan Operasi
    Anda jangan membayangkan perlengkapan operasi ini seperti gunting operasi atau jarum untuk operasi manusia ya… Perlengkapan operasi atau yang biasa disebut operating supplies adalah barang-barang yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran proses produksi maupun kegiatan-kegiatan lain di sebuah perusahaan. Perlengkapan operasi juga bisa berupa perbekalan yang dipakai untuk jangka waktu lama. Contohnya minyak pelumas untuk mesin-mesin, kertas dan pensi untuk perlengkapan kantor dan sebagainya.
  4. Instalasi
    Instalasi adalah alat produksi utama dalam sebuah pabrik atau perusahaan yang dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Semua contoh barang produksi kategori ini adalah barang tahan lama. Contohnya mesin perontok padi pada usaha penggilingan gabah atau mesin cup sealer pada usaha minuman bubble. Nah, ini bidang bisnis dagang saya, he..he..he..
  5. Peralatan Ekstra
    Peralatan ekstra atau accessory equipment adalah alat-alat yang dipakai untuk membantu instalasi seperti alat angkut dalam pabrik seperti truk pengangkut barang, gerobak dan sebagainya.

Sudah ada gambaran tentang bisnis dagang yang menjanjikan dari contoh barang industri dan konsumsi kan? Kalau sudah, monggo… silahkan dipilih mana dari ke-8 contoh barang industri dan barang konsumsi ini yang cocok dengan Anda. Kalau mau lebih spesifik di salah satu dari ke-5 barang industri di atas juga boleh.

Yang penting yang harus Anda tahu adalah meskipun ke-5 contoh barang industri di atas termasuk dalam bisnis dagang yang menjanjikan, mereka sangat terpengaruh dengan permintaan barang konsumsi. Jadi jika permintaan barang konsumsi menurun, otomatis permintaan barang industri juga menurun.

(sumber gambar artikel bisnis dagang yang menguntungkan, bisnis dagang menjanjikan, bisnis dagang yang sukses : www.tempo.co)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Anonim

    January 2, 2016 at 17:11

    OOT, untuk belajar bisnis yg bgus itu sekolah dmn ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *