4 Lembaga Ini Akan Membantu Kegiatan Ekspor dan Impor Anda

By on November 9, 2015
4 Lembaga Ini Akan Membantu Kegiatan Ekspor dan Impor Anda

Baru-baru ini di Facebook sedang heboh kegiatan ekspor dan impor. Mulai dari yang nekunin bisnis ekspor mebel hingga yang hobinya ndatangin barang dari China.

Katanya nih, kalau kita bisnisnya ekspor baru, sekarang ini saat dimana panen dollar, mengingat nilai tukar dollar menguat. Yang punya kegiatan impor juga nggak mau kalah.

Katanya juga, barang yang di Indonesia harganya 1 juta rupiah, di China cuman 200 ribu rupiah !! Siapa yang nggak ngiler dengan selisih harga jual yang banyak banget.

Sayangnya, saya belum pernah melakukan kegiatan ekspor dan impor. Saya baru ingin mencoba, tetapi keburu krisis moneter. Jadinya rencana kegiatan ekspor dan impor saya pending dulu. Tetapi Anda jangan “sedih”… Meskipun saya tidak jadi melakukan kegiatan ekspor dan impor, saya sempat sedikit bersinggungan dengan lembaga-lembaga perantara yang bisa membantu kegiatan ekspor dan impor Anda.

Kebetulan teman saya yang jual GPS Tracker sudah sering berhubungan dengan lembaga-lembaga perantara yang bisa membantu kegiatan ekspor dan impor tersebut. “Sebentar dok, mengapa saya perlu lembaga-lembaga tersebut? Bukannya lebih enak langsung aja tanpa perantara?”. Kalau Anda bisa, tidak masalah.

Problemnya adalah nggak gampang bagi seseorang untuk melakukan kegiatan ekspor impor di indonesia. Apalagi yang masih pemula dan baru mulai merintis sebuah bisnis. So, Anda butuh mereka, lembaga perantara ekspor dan jasa perantara import yang bisa memudahkan kegiatan ekspor impor Anda. Lembaga perantara tersebut, atau yang biasa disebut middlemen terbagi menjadi 4 :


  1. Export dan Import Commission House
    Commisision house merupakan wakil-wakil dari pembeli. Export commission house menerima pesanan dari pembeli luar negeri kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan masalah-masalah pengeksporan. Komisi yang mereka terima berdasarkan atas nilai barang yang diekspor. Sedangkan import comission house melakukan hal yang sama tetapi bagi pembeli dalam negeri.
  2. Merchant Exporters dan Importers
    Berbeda dengan export dan import commission house, merchant exporters dan importers memperoleh penghasilan dari keuntungan dalam perdagangan. Jadi mereka tidak mendapatkan komisi. Mereka membeli barang-barang dalam negeri kemudian mereka jual ke luar negeri, begitu juga sebaliknya. Makanya sebutannya “Merchant”, bukan “Commission House”, he..he..he..
  3. Manufacturer’s Export Agents
    Export Agents bertindak sebagai departemen atau bagian dari sebuah produsen atau perusahaan atau sekelompok produsen atau perusahaan. Hubungan antara export agents dengan produsen atau perusahaan tadi sifatnya permanen dan dilindungi dengan sebuah kontrak bisnis. Inti dari isi kontraknya adalah perusahaan atau produsen tersebut (bisa lebih dari satu) menjual barang jenis tertentu ke luar negeri melalui si export agents ini. Keuntungan dari si export agents adalah komisi yang telah disepakati bersama.
  4. Export dan Import Brokers
    Ternyata makelar tidak hanya ada di perdagangan lokal saja. Makelar juga ada yang sifat perdagangannya internasional. Mereka berusaha melakukan kegiatan ekspor dan impor indonesia dengan cara mempertemukan antara pembeli dan penjual dalam waktu yang bersamaan. Jika terjadi deal antara penjual dan pembeli, barulah si makelar ekspor impor ini dibayar berdasarkan komisi.

Jadi kalau Anda berencana untuk merambah kegiatan impor ekspor indonesia, silahkan Anda gunakan satu dari keempat lembaga di atas. Empat-empatnya juga boleh kok… Yang penting intinya, jika Anda masih pemula dalam hal kegiatan impor dan ekspor, ambil penawaran jasa mereka agar Anda tidak “kejeblos”…


Lebih baik Anda merelakan sedikit keuntungan Anda guna membayar jasa mereka daripada Anda kehilangan nilai yang kalau dihitung berkali-kali lipatnya dari nilai jasa mereka. Ingat… mereka sudah berpengalaman dan Anda belum. So, jangan terlalu bernafsu untuk melakukan kegiatan impor dan ekspor tanpa melibatkan mereka.

(sumber gambar : www.tradescraper.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *