3 Contoh Macam Macam Usaha Dagang Kecil Kecilan

By on November 11, 2015
3 Contoh Macam Macam Usaha Dagang Kecil Kecilan

Menurut Anda, judul yang paling pas yang mana, 3 contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan atau jenis usaha dagang yang menjanjikan. “Sama aja kayaknya dok.” 

Ah, masak iya? Sama saja? Whatever lah… Yang penting, 3 contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan ini bisa jadi besar jika Anda seriusi. Masih ingat artikel saya tentang spektrum bisnis kan?

Intinya bukan di jenis usahanya, tetapi pada spektrum bisnis Anda. Kemana usaha ini Anda bawa dan sebesar apa usaha ini Anda bangun, Andalah “nahkodanya”.

Wokeh, tanpa bertele-tele (*ada yang protes soalnya, ha..ha..ha..), kita langsung masuk saja ke pokok pembahasan tentang 3 contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan ini. Kalau dalam bagan titik penghubung antara penyedia dengan konsumen akhir, 3 macam macam usaha dagang kecil kecilan ini disebut PENGECER.

Berdasarkan banyaknya product line, jenis usaha dagangan ini dibagi menjadi 3 :

Jenis Usaha Dagang ke-1 : General Merchandise Store

General merchandise store adalah toko yang menjual berbagai macam barang atau berbagai macam product line. Contohnya jenis usaha dagang yang termasuk kategori ini adalah toko serba ada yang punya sebutan keren department store. Barang yang dijual buanyaaak !! Ada pakaian jadi, ada sepatu, ada alat-alat elektronik juga kosmetik dan alat-alat tulis. Kalau modal Anda agak gede, Anda bisa coba peluang bisnis dagang yang satu ini.

Jenis Usaha Dagang ke-2 : Single-line Store

Toko yang masuk golongan single-line store adalah toko yang menjual “sekelompok” jenis barang tertentu. Contohnya toko makanan, toko mebel, toko mesin kayak bisnis saya ini, toko bahan bangungan, toko alat-alat olahraga dan sebagainya. Termasuk golongan ini adalah toko barang-barang khusus untuk wanita dan toko barang-barang khusus untuk pria. Jangan berpikiran mesum ya, wkwkwkwkkw…


Jenis Usaha Dagang ke-3 : Specialty Store

Kalau Anda pengen punya bisnis usaha dagang model specialty store, Anda harus siap-siap punya barang yang terbatas. Specialty store hanya menjual sebagian dari product line saja. Tetapi bukan menjual barang yang spesial saja lho. Beda. Contohnya toko roti (sebagian dari toko makanan), toko sepatu pria (sebagian dari toko barang-barang khusus pria) dan sebagainya.

Dari ketiga contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan di atas (“woi dok, ada yang besar… sembarangan aja !! Tuh contoh macam macam peluang usaha dagang yang pertama”), semuanya punya kelebihan dan kelemahan. Semakin banyak product line yang Anda jual, semakin besar modalnya.

Dan ini dibarengi dengan semakin berat dan susahnya Anda mengontrol. Tetapi keuntungannya, Anda bisa menjaring lebih banyak pasar. Semakin spesifik produk yang Anda jual, semakin kecil pasarnya. Tetapi keuntungannya, semakin mudah Anda dikenal dan semakin kecil modalnya.

Eh… sebentar. Ngomong-ngomong Anda tahu arti product line nggak? Product line artinya sekelompok barang yang mempunyai tujuan penggunaan dan karakteristik yang hampir sama. Misalnya ala-alat rumah tangga, alat-alat olah raga, perlengkapan kelistrikan adalah satu product line bagi toko serba ada. Paham kan?

Well, kalau Anda sudah paham, saya tes coba… Menurut Anda, toko sembako itu masuk ke dalam contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan yang mana? Yang bisa jawab, saya kasih hadiah berupa satu pertanyaan terkait bisnis Anda.


Pertanyaan tersebut nantinya akan saya ulas dalam bentuk satu artikel lengkap nan detail. Saya pilih 3 dari jawaban Anda yang paling “maut” ya. Ini gratis lho… jadi segera jawab pertanyaan di atas. Soalnya kalau konsultasi, Anda harus bayar 300 ribu per jamnya, he..he..he..

(sumber gambar artikel jenis usaha dagang di kampung, jenis usaha dagang di pedesaan, contoh macam macam usaha dagang kecil kecilan : gambarproperti.com)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Zaid

    June 14, 2016 at 16:38

    Toko sembako termasuk singgle line store Pak Dokter.
    Bisnis saya jualan macam-macam cemilan Pak. Nah sekarang tolong dibahas dong… Makasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *