Satu Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Suatu Barang Sukses Terjual !!

By on November 11, 2015
Satu Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Suatu Barang Sukses !!

Banyak faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang bisa sukses. Contohnya bentuk iklan penawarannya, tepat tidaknya target yang di bidik hingga cara membuat penawarannya.

Semua faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang tersebut pernah saya bahas satu persatu. Hanya saja, ada satu yang kelewatan. Apa itu?

Kata-kata penawaran yang bisa menggugah perasaan bermakna dalam kehidupan si konsumen. “Ceilee… sentimentil amat om. Baru puber kedua ya?”…

Jiaaahhhh… nggak lah. Itu yang bilang om Tung Desew Waringin sendiri. Kata om Tung DW, manusia itu membutuhkan rasa berarti atau bermakna dalam hidupnya. Nah, faktor inilah yang beliau angkat sebagai faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang agar bisa sukses terjual ludes… des…

Maap ya om… lama nggak bahas taktik penjualannya om Tung. Habisnya bukunya ada di dalam kardus sih… jadi udah kelupaan isinya apa saja, wkwkwkwkwkwk… Lalu seperti apa bentuk kata kata penawaran produk yang mampu menumbuhkan rasa berarti dalam diri si customer? Ada 4 contoh kata kata penawaran produk yang bisa Anda gunakan.

Kata-kata menawarkan suatu produk #1 : memberikan sumbangan atau perhatian.

Contoh iklan yang menggunakan kata kata untuk penawaran model yang seperti ini adalah, “Dengan membeli produk ini, Anda turut serta dalam mengurangi pemanasan global yang semakin menjadi di akhir-akhir ini.” Jadi saat si customer membeli produk Anda, ia merasa terlibat dalam hal mengurangi pemanasan global.

Kata-kata menawarkan suatu produk #2 : menimbulkan kepastian, kenikmatan dan kenyamanan.

Contohnya kata-kata gratis, garansi uang kembali, cepat dan mudah adalah contoh kata kata penawaran barang yang bisa Anda gunakan dalam sebuah iklan. Misalnya seperti ini, “Lebih dari 3 hari barang tidak sampai ke tangan Anda, ongkos kirim kami ganti.” Dengan kata kata untuk penawaran ini, si customer merasa mendapatkan perlindungan dari Anda.

Kata-kata menawarkan suatu produk #3 : menimbulkan variasi.

Contoh kata kata penawaran produk nya adalah produk baru, new, terbaru, latest version dan yang semisalnya. Bentuk penawarannya bisa seperti ini, “Dapatkan info produk terbaru dari kami sebelum Anda tahu dari orang lain.” Terkadang, ada manusia yang merasa harinya sangat berarti dengan mengetahui sebuah informasi atau sebuah produk baru lebih dahulu dari teman-teman atau kerabatnya.

Kata-kata menawarkan suatu produk #4 : menimbulkan kesamaan, love atau connection.

Banyak di antara konsumen yang suka dengan sebuah kesamaan. Kesamaan membuat koneksi di antaranya menjadi kuat. Kira-kira Anda merasakan juga nggak? Misalkan Anda membeli sepatu “X”, ternyata ada sahabat Anda yang juga membeli sepatu “X” tersebut.


Anda merasa Anda dengan sahabat Anda mempunyai pandangan yang sama. Bahkan seringkali Anda mendengar perdebatan tentang sebuah produk yang kira-kira bunyinya seperti ini, “Ngapain kamu pakai yang itu. Pakai yang ini lho, sama kayak aku. Ini rekomendasi dokter ‘A’ !!”.

Pernah mengalami hal itu? Nah, kata terlaris, 99% dari 100 orang menggunakan ini, paling digemari, rekomendasi dari ahlinya dan yang semisalnya bisa Anda gunakan di iklan penawaran Anda… mengguggah rasa love dan connection konsumen. Makanya jangan heran kalau sekarang banyak iklan billboard yang menggunakan kata-kata ini.

Kata-kata menawarkan suatu produk #5 : menimbulkan keunggulan, perbedaan dan signifikan.

Kata om Tung De We, ada sebagian konsumen yang ingin berbeda dengan orang lain. Mereka ingin kehidupan mereka punya sesuatu yang khas, yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. Penawaran dengan kata eksklusif, jumlah terbatas, hanya untuk golongan menengah ke atas, tidak untuk semua orang, terbaik, paling mahal adalah kata-kata yang paling pas untuk digunakan konsumen model seperti ini.

Anda pernah lihat kan teman Anda berkata, “Eits… ntar dulu. Ente mau beli jam ini? Sorry ya men, barang ini limited edition. Terbatas bro !! Ane beruntung bisa dapetinnya.” Nah, konsumen model inilah yang paling pas buat Anda beri penawaran dengan kata-kata penawaran seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Kata-kata menawarkan suatu produk #6 : menimbulkan perasaan lebih baik.

Anda pernah lihat sebuah iklan penawaran dahsyat menggunakan kata lebih cantik, lebih terkenal, lebih cerdas, lebih sehat, lebih dicintai, lebih tahan lama dan bla..bla..bla.. ? Nah, kata-kata ini digunakan agar si konsumen punya perasaan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya sehingga mereka mau membeli produk tertentu. Dahsyat kan aplikasi psikologisnya?

Kata-kata menawarkan suatu produk #7 : menimbulkan perasaan berarti atau bermanfaat.

Kalau yang ini, contoh penawaran yang paling cocok adalah, “Belilah produk dalam negeri. Anda akan mendukung kemajuan UKM bangsa Indonesia.” Menggugah semangat patriotisme kan? Jelas !! Penawaran dengan menggunakan kata-kata seperti ini, mereka mencoba untuk menggugah perasaan si konsumen agar hidupnya lebih bermanfaat.


Banyak ya, kata-kata “maut” sebagai faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang agar bisa sukses terjual. “Iya om, susah ngapalinnya.” Tidak perlu Anda hapalkan. Sering-sering saja Anda praktekkan, nanti lama-kelamaan Anda jadi jago dalam hal membuat kata-kata yang bisa mempengaruhi konsumen Anda. Lagian, buat apa diapalin? Kan tinggal buka web saya kalau Anda lupa, hag..hag..hag..

(sumber gambar artikel faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang : cprint.com)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *