Usaha Franchise Makanan : Manisnya Waralaba Jagung Daily Fresh


By on November 15, 2015
Usaha Franchise Makanan : Manisnya Waralaba Jagung Daily Fresh

Sebagai pecinta kuliner, selain usaha nasi goreng lezat yang sering saya jabanin, ada satu usaha franchise makanan yang ouletnya nggak pernah saya lewatin begitu saja, yaitu waralaba jagung Daily Fresh.

Hampir di setiap supermarket dan minimarket di kota Jogja, usaha franchise makanan yang satu ini selalu ada. Bahkan di salah satu toko buku terbesar di kota Jogja pun, waralaba jagung daily fresh ini tetap aja nongol.

Ternyata memang plaza, mall dan tempat-tempat strategis lainnya menjadi salah satu andalan untuk mengenalkan usaha franchise makanan waralaba jagung Daily Fresh ini, begitu kata om David.

Eh… Anda tahu kan siapa itu om David? Om David Basuki adalah managing director PT. Sarana Pangan Makmur, pengelola bisnis Franchise Daily Fresh Corn Cup. Kata beliau, animo masyarakat terhadap waralaba jagung manis cup yang diposisikan sebagai camilan sehat ini sangat tinggi. 

Makanya franchise jagung susu keju ini lebih besar kesempatannya untuk dibeli konsumen jika produknya ditawarkan di tempat yang banyak lalu lalang orang. Bukan di tempat makan semacam food court. 

Pantesan saya jadi sering beli jagung dari usaha franchise makanan ini. Lha di mana saya lewat, di situ bau khas waralaba jagung Daily Fresh selalu datang menggoda, ha..ha..ha.. 

Om David juga “meng-klaim” bahwa waralaba jagung cup adalah salah satu produk pioner yang bisa bertahan dan semakin dicari oleh banyak konsumen. Hal ini terbukti dengan makin menjamurnya franchise jagung manis murah yang menjual produk serupa di tempat-tempat strategis di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Itulah sebabnya om David yakin bener kalau franchise jagung Daily Fresh ke depannya akan semakin berkembang. Keyakinan om David bukannya tanpa alasan. Perkataan beliau ditunjang dengan fakta yang menyebutkan bahwa franchise jagung manis Daily Fresh sudah memiliki kurang lebih 200 outlet yang tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. 

Hal ini juga di-amin-i oleh om Agus Santosa, pemilik gerai Daily Fresh di kota Jogja dan Solo. “Kini saya sudah punya tujuh gerai, 6 di Jogja dan 1 di Solo,” kata om Agus dengan naga bangga. Ke-7 franchise jagung cup corn milinya bisa menjual minimal hingga 1 ton jagung manis per bulan.

Jika 1 kilogram jagung manis bisa dijual dalam 10 cups, tiap bulan om Agus mampu menjual 10.000 cups jagung manis. Dengan harga 6 ribu rupiah per cup, omzet usaha om Agus bisa mencapai Rp 60 juta per bulan !! Dahsyat men… 60 juta rupiah dari produk yang nilainya cuman 6 ribuan.

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat waralaba jagung susu keju Daily Fresh ini disukai banyak orang? Ternyata camilan ini memiliki banyak keunggulan. Selain bisa mengenyangkan, camilan ini juga lezat dan menyehatkan. Kelezatan tersebut bisa Anda lihat dari proses produksinya.

Pertama-tama, jagung pilihan “dipocelin” yang kemudian direbus dengan suhu yang pas. Setelah itu jagung tersebut rebus tersebut di-display dalam sebuah steamer. Jika ada pembeli yang datang hendak membeli jagung ini, barulah jagung tersebut dimasukkan ke dalam sebuah cup yang di kasih dengan taburan keju, susu atau saos sesuai dengan permintaan si pembeli.

Sudah kebayang kan gimana lezatnya? Jagung yang masih hangat yang rasanya manis ditaburi dengan keju dan susu… Wis tenan, wareg lan eco kalau kata orang Jogja, ha..ha..ha.. 

“Sejak akhir 2002, kami sudah memakai jagung hasil panen petani plasma inti dengan hasil 100 ton per bulan. Bibitnya didatangkan dari Amerika.”, kata om David yang saat itu ia didampingi oleh dokter Samuel Oetoro, ahli gizi dan nutrisi dari Klinik Nutrifit.

Makanya rasa dan kualitas produk dari usaha franchise makanan ini berbeda dengan yang lain. Klaim lezat dan menyehatkanpun saya rasa pantas untuk mereka katakan. 

Oh iya… gerai snack jagung manis ini sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 1999. Awalnya mereka menggunakan jagung dari Malaysia sebagai salah satu Master BO terdekat. Pilihan tersebut mereka lakukan karena tahun tersebut adalah tahun-tahun awal usaha franchise makanan ini beroperasi. Sehingga ketersediaan bahan baku khusus dari Indonesia sangat terbatas.

Setelah tahun 2002, pihak manajemen perusahaan mengambil kebijakan khusus untuk memenuhi kebutuhan bahan baku yang semakin melonjak dengan cara membuat lahan jagung tersendiri. Letaknya di daerah Sukabumi dengan cara bekerjasama dengan petani sekitar menggunakan sistem plasma. 

Om David juga mengatakan bahwa dalam survei yang dilakukannya terhadap gerainya, konsumen dari usaha franchise makanan Daily Fresh ini kebanyakan dari kalangan wanita. Jumlahnya cukup fantastis, sekitar 80%. (*kok saya jadi merasa gimana ya, wkwkwkwkkw). Sekitar 60%-nya adalah wanita berusia 20-35 tahun.

Sementara itu, dokter Samuel menuturkan bahwa perempuan yang tengah menjalani diet tidak perlu takut memakan jagung manis. Produk ini tinggi kandungan seratnya, rendah lemak serta bebas kolesterol. Selain itu, beberapa kandungan jagung seperti vitamin A, C, B1, B9, karbohidrat kompleks dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Om David juga menambahkan, “Jagung Daily Fresh tidak mengandung cairan yang tinggi, sehingga baik untuk diet.” Selain itu, jagung yang diproduksi oleh Daily Fresh mengandung zat anti aging dan ditanam di daerah pegunungan. Jadinya fresh dan sehat.

Ngomong-ngomong, berapa sih harga usaha franchise makanan ini? PT. Sarana Pangan Makmur menawarkan waralaba jagung Daily Fresh khusus kepada pengusaha kecil dan menengah yang ingin berinvestasi dengan nilai hanya 10 juta rupiah.

Dan yang menarik, waralaba makanan murah terlaris ini tidak memungut franchise fee dan royalty fee. Beda kan usaha franchise makanan indonesia yang satu ini? Tetapi Anda harus patuh dengan aturan main mereka lho… Karena aturan mereka diujukan untuk menjaga kualitas produknya agar brand dan image yang sudah terbangun bagus selama ini tetap terjaga dengan baik.

Well, jika Anda tertarik untuk memiliki usaha franchise makanan laku ini, Anda dapat mengajukan applikasi melalui fax ke departemen marketing PT. Sarana Pangan Makmur dengan mencantumkan nama, alamat, telpon, fax, fotocopy KTP serta lokasi dimana Anda akan berjualan. Selanjutnya jika permintaan Anda disetujui, Anda tinggal menunggu follow up dari mereka terkait masalah pembayaran dan kontrak.

Rincian harga franchise jagung manis waralaba jagung Daily Fresh berikut biayanya bisa Anda lihat di bawah ini :

  • Biaya pembelian adalah : Rp 10,000,000,- sudah termasuk freezer untuk kapasitas 50 kg jagung.
  • Jika tanpa freezer, biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp 8,000,000,-.
  • Kedua harga di atas belum termasuk harga jagungnya.
  • PT. Sarana Pangan Makmur juga menyediakan pembelian jagung serta peralatan yang dibutuhkan dalam seperti cup, tutup cup dan sendoknya.

Sekarang kita membahas seperti apa analisa bisnis jagung manis cup Daily Fresh ini :

Modal Awal :

  • Gerobak, steamer, freezer, banner, seragam, training) : Rp. 10.000.000,-

Pendapatan Rata-Rata Per Bulan :

  • 75 cups/hari x Rp. 6.000 x 30 hari : Rp. 13.500.000

Biaya Operasional :

  • Jagung 200 kg @22.500 : Rp. 6.750.000,-
  • Cup 2.000 buah @Rp. 500 : Rp. 1.500.000,-
  • Gaji 2 Karyawan @550.000 : Rp. 1.100.000,-
  • Sewa Tempat : Rp. 1.500.000,-
  • Listrik + Keamanan : Rp. 1.000.000,-
  • Total pengeluaran : Rp. 11.850.000,-

Laba Bersih :

  • Rp. 13.500.000 – Rp. 11.850.000,- : Rp. 1.650.000,-

“Kalau punya 7 outlet kayak om Agus berarti penghasilan bersih per bulannya sekitar 11 jutaan ya om? Lumayan juga ya?”. Ya… Dengan Anda nggak perlu susah-susah mikir produk, outlet dan sistemnya, keuntungan segitu sudah sangat bagus.

Apalagi modal usaha franchise makanan waralaba jagung Daily Fresh ini hanya 10 juta rupiah. Nggak sampai 6 bulan udah balik modal. Bagaimana… Anda tertarik untuk membeli usaha franchise makanan waralaba jagung Daily Fresh ini? Kalau ya, kirim aja aplikasinya. Siapa tahu jodoh buat Anda, he..he..he..

(sumber gambar : www.mizzayna.com)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Afidah Yuliana

    April 9, 2016 at 12:59

    Met siang…Mau tanya kalau untuk kirim sidoarjo caranya bagaimana ya…makasih

  2. Hj. Ilah

    November 10, 2016 at 18:37

    Salam kenal….boleh minta no. Yg bisa di hubungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *