Catat dan Perhatikan 5 Cara Memilih Nama Domain Berikut Ini (Seri 2)


By on November 20, 2015
Catat dan Perhatikan 5 Cara Memilih Nama Domain Berikut Ini (Seri 2)

Lanjutan dari artikel cara memilih nama domain bagian 1, kemarin ada 2 hal yang belum saya jelaskan secara rinci dan detail. Yang pertama adalah bagaimana cara memilih nama domain SEO.

Yang kedua adalah cara memilih nama domain yang tepat ketika domain yang kita incar sudah dibeli orang. Baiklah, akan saya terangkan kedua-duanya.

Yang pertama adalah cara memilih nama domain yang baik yang mengandung kata kunci atau yang sering orang sebut cara memilih nama domain SEO.

Ada 2 caranya, tetapi yang akan saya bagikan adalah cara menentukan nama domain yang baik SEO yang paling mudah.

Cara Memilih Nama Domain SEO #1 : Menggunakan Doamin dari Keyword Buying Cycle yang Tepat

Keyword buying cycle adalah kata kunci yang menunjukkan perbedaan yang digunakan orang dalam proses pembelian barang yang mereka inginkan. Pembagiannya ada 4 fase, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Kerja Online Gratis dari Rumah? Siapa Takut !! (Bagian 2)So, pilihlah nama domain yang mengandung kata kunci di fase “comparing stage” dan “buying stage”. Apa alasannya? Karena keyword di fase tersebut lebih memungkinkan terjadinya pembelian daripada di fase-fase lainnya. Penjelasan detailnya, silahkan Anda baca di artikel kerja online gratis dari rumah.

Cara Memilih Nama Domain SEO #2 : Cari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari Orang

Bagaimana cara mencari kata kunci yang paling banyak dicari orang? Seperti yang sudah saya katakan di atas, ada 2 cara memilih nama domain untuk toko online dan bisnis online lainnya. Tetapi yang saya bagikan sekarang adalah cara yang paling mudah.

Pertama, Anda buka Google.co.id di browser manapun yang Anda suka, kemudian clear cookies browser Anda. Tujuannya adalah agar hasil pencarian Anda benar-benar valid, tidak “kemasukan” kata kunci yang pernah Anda ketikkan di browser tersebut.

Kalau Anda belum tahu bagaimana caranya clear cookies, silahkan klik link ini. Tetapi ingat ya… Google.co.id, bukan Google.com !! Karena target jualan Anda di Indonesia. Biasanya sih kalau Anda buka browser dan mengetikkan website Google, sudah otomatis diarahkan ke Google.co.id.

Jika tidak, Anda klik saja di pojok bawah link Google.co.id seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Tips Memilih Nama Domain

Setelah itu ketik sembarang kata dan tekan tombol enter

Cara Memilih Nama Domain

Setelah Anda enter, tekan tombol berbentuk “gear” di samping kanan pojok atas kemudian klik setelan penelusuran seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Memilih Nama Domain SEO

Kemudian Anda cari opsi “Prediksi Google Instan” dan pilih opsi “jangan pernah tampilkan hasil instan”, kemudian tekan save. Apa tujuannya? Tujuannya adalah agar hasil yang keluar dari Google Suggest jumlahnya maksimal. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah masuk kembali ke Google.co.id dan ketik jenis usaha Anda. Ingat… ketik saja ya… jangan di enter. Tunggu sampai Google Suggest muncul. Berhubung contoh yang saya gunakan di artikel panduan memilih nama domain bagian 1 adalah peluang usaha keju Belanda, maka pada gambar di bawah ini saya akan menggunakan contoh usahanya adalah usaha keju Belanda.

Panduan Memilih Nama Domain

Nah, muncul 10 kata kunci yang paling direkomendasikan oleh Google kan? Sekarang Anda punya 10 variasi kata kunci terkait usaha keju Belanda yang bisa Anda jadikan nama domain yang joss gandhos punya… So, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Memilih Nama Domain SEO #3 : Pilih Kata Kunci yang Masuk Dalam Kategori Comparing Stage dan Buying Stage

Di poin pertama, saya sudah menjelaskan bahwa kata kunci yang akan Anda gunakan harus masuk dalam kategori “comparing stage” dan “buying stage”. Lebih-lebih jika kata kunci yang Anda temukan ternyata masuk kategori “buying stage”… ini spesial !!

So, sekarang tugas Anda adalah pilih kata kunci dari variasi kata “keju Belanda” di atas yang masuk dalam 2 kategori tersebut. Dan dari 10 kata kunci yang disarankan Google, ada 4 yang masuk dalam kategori “comparing stage”.

  • Keju Belanda Halal
  • Keju Belanda
  • Jual Keju Belanda
  • Harga Keju Belanda

Pertanyaannya sekarang adalah, mana yang harus Anda pilih? Clue-nya seperti ini. Kata kunci yang paling atas adalah kata kunci yang paling banyak di cari. Begitu seterusnya hingga kata kunci yang paling bawah adalah kata kunci yang paling sedikit dicari. 

Tetapi dari 4 kata kunci tersebut, kata yang paling mendekati hakekat tujuan dipilihnya fasa “comparing stage” dan “buying stage” adalah kata kunci nomer 3, yaitu “Jual Keju Belanda”.

Apa alasannya? Karena kata kunci tersebut lebih mendekatkan Anda kepada PEMBELIAN. Maksudnya bagaimana? Orang yang mengetik kata “Jual Keju Belanda” kemungkinan besar adalah orang yang mau membeli keju Belanda. Benar kan? Beda dengan orang yang mengetikkan kata keju Belanda.

Kemungkinan mereka orang yang HANYA ingin tahu seperti apa keju Belanda lebih tinggi daripada orang yang ingin membeli keju Belanda. Jadi jika disesuaikan dengan penjelasan saya di atas, domain jualkejubelanda.com lah yang akan Anda gunakan sebagai nama domain situs Anda. Paham?

Kemudian setelah Anda menentukan nama domain yang paling pas dengan kaidah-kaidah di atas, sekarang saatnya Anda untuk menginjak ke langkah selanjutnya, yaitu pembelian domain.

Cara Memilih Nama Domain SEO #4 : Cek Ketersediaan Nama Domain Pilihan Anda

Ada banyak penjual domain yang bisa Anda percaya untuk pembelian domain Anda. Contohnya adalah namecheap.com atau idwebhost.com.

Well, berhubung idwebhost adalah perusahaan asal Indonesia dan terlebih-lebih berdomisili di Jogja (*wah… sudah kedaerahan nih mainnya, wkwkkwkwkw), contoh cara cek ketersediaan domain berikut ini menggunakan fasilitas dari web tersebut. Lagian mereka pernah mengadakan workshop internet marketing gratis, he..he..he..

Langkahnya adalah, ketik alamat idwebhost.com di kotak alamat browser kesukaan Anda lalu masukkan kata kunci yang sudah Anda pilih tadi ke kolom cek ketersediaan domain. Jika warna kotak hasil pencariannya berwarna hijau dan terdapat tulisan AVAILABLE, berarti domain Anda tersedia dan bisa Anda beli. Jika tidak, berarti Anda harus cari nama yang lain seperti pada gambar di bawah ini :

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Dan kebetulan, pada contoh di atas nama domain jualkejubelanda.com tersedia. Lalu bagaimana jika tidak tersedia? Sekali lagi maafkan saya wahai para pembaca blog Dokter Bisnis setia ini. Istri saya sudah menunjukkan tanda-tanda untuk minta diantar pergi.

Jadi jawaban dan pembahasan artikel bisnis online tentang cara memilih nama domain ini saya lanjutkan di artikel berikutnya, he..he..he.. Bai-bai !!

(sumber gambar : www.thestar.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *