Peluang Usaha Jual Jaket? Kenali Dulu 11 Bahan Bisnis Jaket Online


By on December 6, 2015
www.aliexpress.com

Tak kenal maka tak sayang… ungkapan ini sangat cocok untuk disematkan kepada Anda-Anda yang tertarik untuk terjun di mengambil peluang usaha jual jaket.

Bahkan jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis jaket online pun, pepatah di atas harus tetap Anda pegang teguh. Pertanyaannya sekarang adalah, apa yang harus “dikenal dan disayang”?

Adalah bahan baku jaket. Meskipun Anda bukan produsen jaket, tetap saja Anda harus tahu apa saja bahan-bahan dari jaket yang akan Anda jual.

Apa alasannya? Pertama, supaya Anda bisa menjual jaket Anda ke target market yang tepat. Apa akibatnya jika target yang Anda bidik tidak tepat? Sampai berbuih-buih pun, Anda tidak akan bisa menjual jaket Anda.

Ingat kisah penjual mobil BMW yang gagal menjual mobil BMW-nya walaupun didiskon hingga 75%? Itu yang akan Anda alami jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda mejual jaket Anda. Kedua, supaya Anda bisa memberikan arahan dan saran yang tepat kepada konsumen Anda.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk menekuni bisnis jaket online. Mereka tidak tahu siapa Anda. Dengan memberikan penjelasan, saran dan pengarahan yang tepat akan produk Anda, konsumen akan percaya kepada Anda. Ingat… konsumen tidak hanya membeli jaket Anda. Tetapi mereka membeli SEMUA dari Anda, termasuk layanan dan saran Anda.

So, mau tidak mau, sebagai seseorang yang bergerak di bidang peluang usaha jual jaket, Anda dituntut untuk mengetahui bahan-bahan jaket. Anda akan tahu di banyak kawasan di dunia, konsumen suka dengan jaket yang menggunakan bahan khusus penangkal dingin seperti wol dengan jaket parasut tebal berlapis-lapis.

Atau Anda juga akan tahu bahwa di kawasan tropis macam Indonesia, menjual jaket yang sangat tebal bukanlah sebuah ide yang tepat. Walaupun terkadang di malam hari beberapa daerah di Indonesia sangat dinging, perilaku pembeli jaket di Indonesia memfungsikan jaket bukan hanya sekedar penangkal dingin.

Tetapi juga berfungsi sebagai penangkal serangan sinar matahari. Itu sebabnya di Indonesia, kenyamanan bahan jaket menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam memilih jenis jaket. 

Sekarang Anda sudah paham kan mengapa mengetahui bahan-bahan jaket sangat penting bagi para pelaku bisnis jaket online maupun offline? Kalau sudah paham, mari kita bahas ke-11 bahan-bahan jaket tersebut.

  1. Jaket Berbahan Drill
    Bahan drill adalah bahan dengan unsur katun lebih banyak dalam rajutan. Ia memiliki tekstur yang cukup rapat dan halus dengan salur-salur tipis pada permukaannya. Jaket dengan bahan baku ini cukup nyaman dikenakan baik di udara yang panas maupun dingin. Ia bisa menahan dingin cukup baik tetapi tidak akan terasa gerah dipakai di kala cuaca panas.
  2. Jaket Berbahan Kanvas
    Kain kanvas adalah bentuk semi sintetis dari drill. Kain kanvas sedikit lebih tahan air, tetapi bukan ia bukanlah “waterproof”. Kalau Anda pegang, bahannya terasa sedikit kaku. Tetapi sekarang sudah ada bahan kanvas yang lentur. Bahan kanvas biasanya sedikit berbulu di bagian permukaannya sehingga menimbulkan kesan kotor.
  3. Jaket Berbahan Fleece
    Jenis bahan jaket yang satu ini lebih tebal dari kebanyakan bahan jaket. Pada bagian dalamnya juga berbulu. Fleece juga memiliki unsur katun yang cukup dominan. Hanya saja di banyak negara yang bercuaca cukup dingin, fleece dibuat dari pintalan benang wol yang dirajut dengan teknik khusus. Fleece sangat cocok sebagai pelindung dari “tusukan” udara dingin. Tetapi problemnya, jaket berbahan fleece cukup gerah dipada pada saat cuaca panas.
  4. Jaket Berbahan Terry
    Terry lebih ringan dari fleece. Ia tidak berbulu pada bagian dalam dan juga tidak setabal fleece. Serat alur dari terry sangat tipis, bahkan terkadang terlihat sangat samar. Model jaket berbahan terry sangat disukai kalangan ABG karena sifat bahannya yang ringan. Jadi kalau bisnis jaket online Anda target pasarnya ABG, juallah jaket-jaket yang berbahan terry.
  5. Jaket Berbahan Diadora
    Kata diadora sepertinya tidak asing kan? Ya… diadora adalah bahan yang sangat populer untuk jaket olahraga. Selain diadora, adidas dan lotto juga termasuk bahan jaket olahraga yang sering digunakan. Dengan kelenturan yang sangat tinggi serta kenyamanan saat digunakan, jaket berbahan diadora sangat menyerap keringat. Ia juga cukup baik untuk menangkis hawa dingin. Ciri-cirinya juga mudah dikenali. Tekstur permukaan yang licin hingga mengkilap dengan sifat sedikit stretch membuatnya jaket berbahan diadora terlihat berbeda dari kebanyakan jaket pada umumnya.
  6. Jaket Berbahan High Twist
    High twist adalah bahan berserat sintetis dalam dan terasa sedikit panas. Selain itu, karakter bahan ini juga sedikit kaku. Tetapi karena kekakuan bahan inilah, high twist sangat cocok dibuat menjadi jaket yang berbentuk semi jas. So, sudah pasti kalau peluang usaha jual jaket yang Anda tekuni target pasarnya adalah orang-orang yang maskulin, jaket berbahan inilah yang paling pas untuk Anda pajang di toko online dan offline Anda.
  7. Jaket Berbahan Teteron
    Teteron juga hampir mirip dengan high twist. Ia berbahan sintetis yang kuat dengan permukaan lebih kasar. Teteron juga mempunyai “bulu halus” yang menunjukan bahwa ia adalah hasil pintalan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, teteron paling pas untuk digunakan untuk jaket berbentuk semi jas dan jas.
  8. Jaket Berbahan Parasut
    Pada musim hujan, bisnis jaket online Anda paling cocok untuk menjual jaket yang handal dalam menangkis air hujan. Jadi Anda bisa menjual jaket berbahan parasut. Tetapi Anda harus tahu bahwa jaket dengan bahan parasut tidak bisa menahan hawa dingin dan panas. Anda harus terangkan kepada calon konsumen Anda kalau jaket ini paling pas jika digunakan pada saat musim hujan… bukan musim kemarau, he..he..he..
  9. Jaket Berbahan Corduray
    Jaket berbahan corduroy akhir-akhir ini tidak ramai dibicarakan oleh para kebanyakan costumer. Meskipun demikian, jaket dengan bahan coduray masi punya penggemar khusus. Bahannya cukup lentur dan memiliki permukaan berbulu dengan garis-garis yang tebal. Kalau sudah demikian, Anda jangan terlalu banyak punya stock gudang jaket dengan bahan yang satu ini. Bisa berabe ntar…
  10. Jaket Berbahan Tessa
    Ada satu lagi bahan jaket yang sering digunakan oleh produsen jas, yakni tessa. Tessa ini punya tekstur yang sedikit kaku dengan efek sedikit mengkilap. Tessa bagus saat menyerap keringat tetapi kurang tebal jika digunakan sebagai bahan jaket di musim dingin.
  11. Jaket Berbahan Taslan
    Ini dia masterpiece dari para usaha konveksi jaket !! Jika Anda ingin “kulakan” jaket dengan harga mahal namun kualitasnya handal, Anda bisa cari jaket berbahan baku taslan. Lentur, waterproof dan nyaman sehingga pas untuk Anda tawarkan kepada konsumen yang ingin tampil memikat di musim kala panas.

Lumayan tambah pengetahuan kan? So, intinya… Anda cukup memahami siapa target market dari peluang usaha jual jaket Anda. Begitu Anda paham siapa target market Anda, otomatis produk dari bisnis jaket online mapupun offline Anda bisa Anda sesuaikan.

Ingatlah selalu bahwa bisnis itu lebih mudah jika Anda menyesuaikan dengan permintaan pasar. Bukan Anda memaksakan pasar untuk membeli produk Anda. Dan dengan mengetahui ke-11 bahan jaket di atas, Anda berpeluang untuk mempunyai bisnis jaket online dan offline yang sukses. Semoga bermanfaat, sampai ketemu di artikel peluang usaha jual jaket yang lainnya…

(sumber gambar artikel bisnis jaket kulit, bisnis jaket motor, bisnis jaket murah, memulai usaha jaket, peluang usaha jaket murah : www.aliexpress.com)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Dwi Sugiarto

    May 12, 2016 at 09:27

    Ternyata banyak juga bahan jaket saya pikir tidak sebanyak itu makasih mas informasinya saya juga pernah ingin mencoba bisnis jaket sepertinya peluangnya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *