Mau Punya Usaha Sukses dari Nol? Lihat Baik-Baik Ancaman Ini !!

2
2637
Tip dan Kiat Usaha Sukses dari Nol

Usaha Sukses dari Nol – Berapa lama ya saya nggak menulis artikel di Dokter Bisnis [.] net? Sepertinya sudah lama sekali. Sebentar, saya cek arsip artikel saya… Wow, ternyata sudah 1,5 tahun yang lalu !! Terakhir saya menulis artikel tentang peluang usaha produksi jaket. Ngapain aja selama ini saya ya, ha..ha..ha..

Wokeh, untuk menebus kesalahan saya, kali ini saya akan membahas tentang tips usaha sukses dari nol tapi dari sisi yang berbeda, yaitu dari sisi ” Ancaman Kebangkrutan Bisnis Akibat Persaingan yang Sengit “. Ngeri nggak? ” Ah, biasa aja dok… “.

Eits, jangan salah… Kalau Anda ingin punya usaha sukses dari nol dan terus berjalan, Anda harus mempersiapkan sejak dini bagaimana caranya mengatasi ” penghancur- penghancur ” bisnis yang satu ini. Contohnya, siapa yang nggak kenal merk dagang ” SONY “… Anak kelahiran 80-an pasti tahu merk yang satu ini.

Sekarang, mana produk merk ” SONY ” yang masih bertahan di Indonesia? Semua hancur lebur dihajar para pesaingnya. Lha kalau merk besar saja bisa remuk, apalagi usaha-usaha kayak kita-kita ini? Lebih-lebih lagi kan?

So, biar usaha sukses dari nol Anda bisa terus berjalan, sekali lagi, sejak awal, perhatikan 5 hal di bawah ini. Ini bukan dari saya lho… Ini dari om Michael E. Porter. Beliau jelas sangat berkompeten di bidang bisnis. Cek aja di google kalau nggak percaya.

Mari kita mulai !!

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #1 : Perhatikan Ancaman Pendatang Baru

Sekarang ini, hampir setiap sektor industri sangat mudah dimasuki oleh pendatang baru. Contohnya kayak toko mesin ukm yang saya rintis. Bejibun dah orang yang jualan mesin di marketplace macam tokopedia dan bukalapak.

Hal ini disebabkan karena kebijakan dari pemerintah serta kesepakatan dari negara-negara tetangga. Lihat aja toko retail macam Indomart atau Alfamart… Udah deh, toko kelontong banyak yang ” koit “… Sudah menghadapi persaingan dengan toko sejenis, eh… pendatang baru yang lebih modern dan ganas datang… habis dah.

Dan repotnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat sangat berpengaruh. Sekarang pendatang baru nggak harus berada pada lokasi usaha yang sama dengan kita. Bahasa gampangnya ngga harus buka cabang. Lihat betapa banyak orang yang membeli barang lewat internet !!Ā Saya saja kalau beli perlengkapan pancing langsung ke marketplace China, wkwkwkkwkw…

Jadi, saat Anda merintis usaha sukses dari nol, cari tahu bagaimana cara Anda mengalahkan para pendatang baru tersebut. Bagaimana caranya? Ya dengan positioning serta diferensiasi yang tepat !!

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #2 : Kekuatan Tawar Menawar Pemasok

Setiap bisnis apapun jenis bisnisnya, pasti punya pemasok. Berita buruknya, sekarang para pemasok ini punya daya tawar yang tinggi. Kenapa? Karena mereka bisa langsung berkomunikasi dengan para pembeli langsung tanpa harus terhalang batas-batas teritorial suatu wilayah.

Mereka dengan mudahnya menawarkan dagangan mereka melalui internet sehingga mereka tidak takut kehilangan pembeli. Jadi repot buat kitanya jika sewaktu-waktu mereka ” sewenang-wenang “. Solusinya, perbanyak pemasok ( minimal 3 ) dan jadilah pengomset yang baik bagi mereka. Baik dalam hal kuantiti dan juga baik dalam hal pembayaran. Otomatis kita akan jadi ” anak emas ” mereka, he..he..he..

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #3 : Kekuatan Tawar Menawar Pembeli

Selain pemasok, pembeli sekarang ini benar-benar menjadi raja. Mereka benar-benar mudah mendapatkan penjual yang menjajakan barang dagangan yang mereka butuhkan. Jelas, poin nomer 1, yaitu banyaknya pendatang baru membuat konsumen lebih dimanja.

Harga lebih murah, bonus lebih banyak, pembayaran lebih mudah adalah iming-iming yang bisa membuat seorang konsumen pergi begitu saja dari merk satu ke merk lainnya. Dulu, bapaknya teman saya kalau mau beli motor harus merk Y*MAHA.

Meskipun merk H*NDA menawarkan dengan segudang kelebihan, bapaknya teman saya tersebut tetap pada pendiriannya, ” Kalau motor ya Y*MAHA !! “. Saya juga sama. Tetapi sekarang berbeda. Mana yang paling menguntungkan, itu yang diambil. Hampir bisa dikata, loyalitas konsumen sekarang ini adalah nol…

So, Anda harus pandai dalam ” menyelami ” motivasi konsumen sehingga mereka ” terkintir-kintir ” dengan penawaran Anda. Apa itu motivasi konsumen? Baca di sini dong

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #4 : Ancaman Produk Subtitusi

Yang satu ini, sudah dah… repot mang jajang !! Lagi-lagi karena perkembangan teknologi, barang subtitusi mudah dibuat. Bahkan tiruannya bisa terlihat sama persis dengan aslinya. Sudah begitu, konsumen bisa mendapatkannya dengan mudah… Apalagi kalau nggak lewat internet.

Saya aja kalau beli peluru pistol NERF V*RTEX pakai produk subtitusi. Lha selisih harganya jauh banget. Satunya 250 ribu dapat 36 biji, yang produk subtitusi 50 ribu dapat 50 biji, wkwkwkkwwk… Lalu bagaimana cara mengatasi problem yang satu ini. Ya Anda harus bangun brand yang bagus buat produk Anda kemudian harganya dibuat terjangkau.

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #5 : Persaingan Dalam Industri

Persaingan atau kompetisi… ya, dimana aja pasti yang namanya persaingan selalu hadir. Dan tidak bisa dipungkiri, banyak perusahaan rontok gara-gara tidak bisa berkompetisi. Tersingkir dari pertempuran… Repotnya, persaingan dewasa ini tidak hanya antar perusahaan dalam satu wilayah negara.

Persaingan sekarang bisa antar negara yang menyebabkan negara terleihat seperti ” kampung kecil ” yang dihuni oleh ratusan perusahaan yang siap menjajakan dagangannya. Kalau sudah begini, mau tidak mau Anda harus menguasai atau memenangkan persaingan minimalnya di 5P ala pak Laksita.

Apa itu? He..he.., tidak mungkin sepertinya saya jelaskan di artikel ini. ” Lho, kenapa dok? “. Ehmm… saya mau berangkat ke showroom saya. Sudah jam 9, dan saya harus memantau berapa omset yang bisa dihasilkan oleh tim penjualan saya hari ini. Jadi untuk masalah memenangkan persaingan di 5P ala pak Laksita, silahkan baca artikel mengalahkan kompetitor yang satu ini.

(sumber gambar artikel usaha sukses dari nol, bisnis sukses untuk pemula : www.axiomdesigns.com)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × five =