Ini Dia Cara Berbisnis yang Baik Saat Menghadapi Kompetitor yang Ganas

2
1198
Ini Dia Cara Berbisnis yang Baik Saat Menghadapi Kompetitor Ganas

Kompetitor… masalah klasik tapi pelik. Pening otak jadinya kalau memikirkan kompetitor. Kompetitor juga kerap jadi kambing hitam saat sebuah bisnis bangkrut. Rasanya seperti duri yang menusuk daging, pedih nian… Benar? Tenang… ada cara berbisnis yang baik saat Anda sedang menghadapi kompetitor yang ganas.

Caranya, jalankan 3 tips berikut ini. Dengan menjalankan 3 cara berbisnis yang baik ini, peluang Anda untuk bisa bertahan cukup besar. Apa saja? Ini dia…

  1. Perhatikan produk Anda.
    Fokus untuk cari kelebihan pada produk Anda.
    Bukan hanya sekedar potongan harga. Harga murah memang jadi pilihan yang cukup menarik. Tapi saran saya, ada banyak faktor lain yang bisa Anda jadikan sebagai nilai lebih bagi produk Anda. Contohnya kemasan yang menarik, komposisi warna yang ciamik, kemampuan produk yang berbeda, ukuran yang lebih besar, rasa yang lebih enak, varian yang lebih banyak, kemudahan dalam pemakaiannya, organik dan sebagainya. Banyak kan? Intinya fokus cari kelebihan produk Anda. Pokoknya, apapun yang bisa Anda hadirkan dalam produk Anda yang tidak bisa “digapai” oleh produk kompetitor, bisa jadi senjata andalan Anda dalam memenangkan persaingan. Jadi poin pertama yang menjadi kunci cara berbisnis yang baik saat menghadapi kompetitor adalah inovasi !!
  2. Perhatikan layanan Anda.
    Konsumen Anda siapapun mereka, berhak mendapat pelayanan yang terbaik. Jadikan poin kedua dari cara berbisnis yang baik saat menghadapi kompetitor ini sebagai pedoman dasar bisnis Anda. Jangan kaget jika banyak konsumen akan datang dan datang lagi membeli produk Anda hanya karena pelayanan Anda yang sangat memuaskan. Dan bagi baru memulai usaha kecil, cara berbisnis yang baik dengan metode pendekatan personal ternyata mampu untuk mencuri pasar yang telah “digagahi” oleh para raksasa-raksasa bisnis.
  3. Perhatikan bisnis Anda.
    Setelah itu, jangan hanya terfokus pada layanan dan produk. Perhatikan juga bisnis Anda. Lihat dan cermati bagaimana Anda efisiensi bisnis Anda, bagaimana cara pembayaran Anda atau bagaimana manajemen budgeting Anda. Mau tahu apa efeknya saat Anda cermat dalam memperhatikan bisnis Anda? Ok, saya terangkan… Misalkan Anda mampu melakukan efisiensi di saat kompetitor Anda tidak bisa melakukannya. Otomatis Anda punya margin yang lebih besar. Efeknya, keuntungan Anda akan bertambah. Jika keuntungan tersebut Anda gunakan untuk memperbesar “jangkauan” bisnis Anda dengan beriklan ke berbagai media, Anda akan membuat kompetitor Anda kalah satu langkah. See? Dan jangan salah… saat Anda tidak “memperhatikan” bisnis Anda dengan seksama, di saat itulah Anda “bunuh diri”. Mengapa? Karena organisasi bisnis Anda yang buruk akan membuat investor dan juga karyawan Anda lari. Mereka merasa tidak merasa nyaman lagi “bekerja sama” dengan Anda. Dan ketika sumber daya terbaik Anda melayang, bagaimana mungkin Anda bisa bersaing dan mampu menjalankan bisnis Anda dengan optimal?

Anda paham sekarang? Baik, itu tadi 3 cara berbisnis yang baik saat menghadapi kompetitor. Tegakan 3 pilar cara berbisnis yang sukses ini dalam usaha Anda, insya Allah… bisnis Anda tidak akan goyah dalam menghadapi persaingan usaha.

(sumber gambar : gotcini.com)

2 COMMENTS

  1. BAH,,,mantap kali pun blog ini,gak nyesal aku nongkrong disini,,,makasih ya om atas ilmunya mudah2 an om nip nip selalu diberi kesehatan,kesuksesan dunia dan akhirat oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =