6 Mesin Kayu Modern yang Bisa Meningkatkan Produksi Bisnis Mebel Anda


By on March 11, 2014
6 Mesin Kayu Modern yang Bisa Meningkatkan Bisnis Mebel Anda

Di artikel Dokter Bisnis tentang kiat sukses usaha mebel ala Jokowi, poin yang keenam yang haru Anda lakukan agar bisa sukses di bisnis mebel adalah “memanfaatkan teknologi modern”. Apa teknologi modern yang harus Anda pakai? Mesin kayu.

Penggunaan mesin kayu modern sangat membantu Anda untuk meningkatkan produktifitas pabrik Anda. Contohnya nih, jika Anda menggunakan sistem padat karya”, Anda membutuhkan waktu sekitar 5 hari untuk menghasilkan satu set kursi dan meja tamu. Dengan mesin kayu, Anda hanya butuh 2 hari. Lebih efisien kan?

Selain lebih efisien dari sisi waktu pengerjaannya, biaya yang Anda keluarkan jadi lebih sedikit. Anda bisa mengurangi biaya tenaga kerja karena dengan mesin kayu modern, Anda hanya menggunakan 1 orang operator untuk menuntaskan sebuah pekerjaan yang bisa biasanya “digarap” 4 orang.

Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah, mesin kayu apa saja yang harus digunakan? Ada 6 mesin kayu yang harus Anda punyai.

  1. Mesin Gergaji Belah dan Potong
    Ada dua jenis mesin gergaji yang bisa Anda pakai dan mudah untu Anda dapat di pasaran :

    • Mesin Gergaji Belah (Mesin Gergaji Kayu)
      Mesin ini bekerja dengan sebuah mata pisau berbentuk lingkaran yang bekerja dalam poros. Mesin ini akan berputar otomatis dengan sebuah sabuk berjalan yang akan menghantarkan kayu untuk melewati pisau. Anda bisa gunakan mesin gergaji ini untuk membelah kayu log atau papan kayu yang lebar.
    • Mesin Gergaji Potong (Mesin Potong Kayu)
      Cara kerja mesin gergaji potong adalah menggunakan pisau berbentuk pita yang elastis dan bisa Anda atur sudut potongnya dengan fleksibel. Anda bisa membuat bentuk khusus serprti potongan lurus, sudut, miring, lengkung dan sebagainya. So, untuk membuat bentuk dasar dari kaki meja, kursi, penampang meja, dan sebagainya, Anda harus menggunakan alat potong kayu otomatis yang satu ini.
  2. Mesin Ketam Kayu / Serut (Planner)
    Anda tentu pernah melihat alat serut manual yang dilakukan tukang kayu tradisional kan? Tentu saja Anda sudah tahu apa fungsi alat serut tersebut. Ya, benar… alat serut berfungsi untuk menghaluskan satu sisi dari sisi-sisi yang ada di sebuah kayu. Nah, untuk mempercepat proses tersebut, ada mesin ketam / serut modern dengan fungsi  dan kemampuan kerja yang lebih baik. Mesin ketam modern memiliki 4 mata kikir dan bisa menghaluskan 4 sisi kayu sekaligus dengan tingkat kehalusan yang mendekati hasil amplas. Luar biasa kan?
  3. Mesin Bor (Drilling)
    Mesin bor termasuk mesin kayu konvensional yang sudah ada sejak lama. Fungsi dari mesin bor ini adalah membuat lubang sekrup, dowel atau pen. Hanya saja masalahnya adalah, mesin bor ini hanya bisa membuat lubang sekrup dan yang semisalnya satu persatu. So, Anda sangat disarankan untuk menggantinya dengan mesin bor modern. Apa kelebihan dari mesin bor modern ini? Anda bisa membuat beberapa lubang sekaligus pada satu bidang datar kayu dan memprogramnya untuk pekerjaan berulang. Sudah kebayang kan efektif dan efisiensinya mesin ini untuk bisnis furniture Anda?
  4. Mesin Profil Kayu
    Mesin ini bekerja dengan membentuk profile pada sisi samping kayu. Untuk proses penggarapannya, mesin ini menggunakan mata pisau berporos vertikal yang akan mengiris dari samping. Hasil irisan dari mesin ini sangat halus dan lebih menyerupai hasil serutan dari mesin planner. Biasanya mesin ini masuk dalam bagian mesin finishing.
  5. Mesin Router Kayu
    Router bekerja menyerupai mesin bor. Bedanya, mesin ini memiliki mata pisau yang berbeda sehingga biasa digunakan sebagai peralatan bantu untuk membentu alur dan ulir pada kayu. Mesin router biasanya memiliki kecepatan lebih tinggi dari mata bor. Hanya saja untuk masalah tingkat ketajaman, mesin router lebih rendah dari mata bor.
  6. Mesin Amplas Kayu
    Bila bahan kayu sudah menjadi bentuk seperti yang Anda harapkan, maka langkah terakhir yang harus Anda adalah mengamplas kayu tersebut dengan amplas. Nah, mesin kayu modern yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses ini adalah mesin amplas. Mesin amplas akan menghaluskan kayu hingga menghasilkan kayu tanpa serat sama sekali pada permukaannya. Mesin ini juga menggunakan kertas amplas seperti biasanya, hanya ia bekerja lebih cepat dari tenaga manusia. 

6 mesin kayu modern inilah yang akan membantu kinerja pabrik meubel menjadi lebih cepat dan lebih maksimal sekaligus mengurangi biaya produksi. Well, dengan kelebihan-kelebihan yang ada pada ke-6 mesin  kayu di atas, masihkah Anda menggunakan cara manual? Hanya Anda yang bisa menjawab…

(sumber gambar : archive.kaskus.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

16 Comments

  1. Budi Hartono

    October 24, 2016 at 17:20

    Mohon kirimkan estimasi harga mesin2 tsb di atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *