Ini Dia 3 Strategi Merek yang Bisa Membuat Produk Anda Melekat di Hati Konsumen

3
1710
Ini Dia 3 Strategi Merek yang Bisa Membuat Produk Anda Melekat di Hati Konsumen

Baru bingung cari strategi merek yang tepat buat produk Anda ya? Bagaimana kalau saya share 3 strategi merek yang bisa Anda pilih agar produk atau jasa Anda melekat di konsumen. Mau kan? Gratis nih… ha..ha..ha.. Okay, berdasarkan tujuan yang hendak dicapai dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan, strategi merek dapat dikelompokan ke dalam 3 jenis.

  1. Strategi Merek Fungsional (Functional Brand)
    Strategi merek fungsional adalah strategi merek-merek yang harus Anda rancang dengan tujuan agar bisa menghasilkan persepsi terhadap kinerja ataupun nilai ekonomis dari sebuah produk atau jasa. Misalnya Anda akan mendirikan jasa pengetikan dengan nama “KILAT”. Nilai lebih jasa Anda adalah layanan pengetikan super cepat, satu hari jadi !! Orang lalu mengenal jasa pengetikan “KILAT” Anda sebagai jasa pengetikan yang tercepat dibanding jasa pengetikan yang lainnya. Maka Anda telah berhasil menggunakan strategi merek fungsional bagi bisnis Anda.
  2. Strategi Merek Citra (Image Brand)
    Strategi merek ini bertujuan untuk memberikan manfaat berupa keuntungan bagi si pemakai merek agar mereka bisa mengekspresikan diri mereka. Merek dagang tersebut dianggap akan mampu mendongkrak citra dari si pengguna produk atau jasa tersebut. Contoh kasusnya, Anda akan membangun usaha tas untuk kalangan atas dengan nama “ELEGANT”. Setiap orang yang membeli produk tas “ELEGANT” milik Anda akan merasa citra diri dan status sosial mereka naik di mata teman-temannya. Nah, “ELEGANT” inilah yang disebut dengan strategi merek Citra.
  3. Strategi Merek Eksperiensial (Experiental Brand)
    Strategi merek eksperiensial lebih menonjolkan sisi “perasaan”. Contohnya Anda mau membuka bisnis restoran dengan tema “TEMPOE DOELOE”. Restoran Anda menyajikan suasana yang berbeda. Restoran Anda seolah-olah mengajak pengunjung Anda untuk mengenang masa lalu. Bangunan, penyajian, serta makanannya terasa sangat tradisional.
    Segala sesuatunya pada restoran Anda tersebut mampu membuat konsumen merasa betah dan selalu ingin kembali mengunjungi restoran Anda. Nah, strategi “TEMPOE DOELOE” Anda tersebut adalah strategi Merek Eksperiensial.

Sudah paham? Nah, pilihan strategi merek tersebut sangat tergantung dari jenis produk atau jasa apa yang hendak Anda pasarkan. Jadi pastikan Anda tahu definisi merek dan pengertian merek Anda tersebut. Anda juga harus melihat bagaimana kekuatan para pesaing Anda di lingkungan bisnis yang Anda pilih tersebut.

Selain itu, Anda harus menentukan kelebihan apa yang dimilki oleh bisnis Anda dan kesan yang bagaimana yang ingin Anda tanamkan di benak konsumen. Jika Anda sudah punya jawaban semua pertanyaan tersebut, langkah selanjutnya tinggal memilih strategi merek mana yang akan Anda gunakan kemudian bangun merk dagang Anda secara kontinyu agar bisa melekat di hati konsumen. Ada pertanyaan?

(sumber gambar : www.bhosted.nl)

3 COMMENTS

    • @Hasan Martabak : Pertanyaan bapak cuman 2 tapi jawabannya bisa sekampung, wkwkwkwkwkwk… Just kidding… Coba bapak baca2 artikel saya tentang pemasaran, insya Allah nanti pelan2 kan ketemu jawabannya. Trims…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 12 =